Archive for the ‘Tugas Kuliah’ Category

Spiritual Creativity

Spiritual Creativity,

Waktu pertama denger tugas ini awalnya bingung juga, mangnya ada ya spiritual creativity? Setelah ditelaah, dicari, dibaca, dan dimengerti, ternyata memang ada. Dan kalau mau dibilang sebagai  dasar kreativitas juga bisa. Karena semuanya berawal dari Tuhan dimana hal tersebut selalu ada di benak manusia yang terdalam.

Mari kita mulai. Bismillah 🙂

Kita bisa melihat gimana perkembangan kecerdasan yang terus berubah dari waktu ke waktu. Dalam waktu yang cukup lama, IQ menjadi standar baku dalam menilai kecerdassan seseorang hingga  muncul lah EQ yang menjdai parameter lain. Tidak lama setelah EQ banyak digunakan, munculah SQ yang berdasrkan pada spiritualitas. Bahkan ada pelatihan ESQ juga kan. Nah, perkembangan kecerdasan ini juga membuka pemikiran manusia bahwa kita tidak hanya terbatas pada IQ saja. Perkembangan kreativitas pun juga sama, smua memiliki unsur IQ,EQ, dan SQ. Semakin baik unsur2 tersebut pada diri seorang, semakin cepat/bagus pula proses kreativitas yang dimiliki.

Kecerdasan manusia yang meliputi IQ, EQ, dan SQ tidak memiliki limit yang membatasi. Semuanya tidak berbatas dan bisa terus dikembangan tiada akhir. hal ini juga yang membuat kreativitas manusia bisa terus dikembangkan tanpa akhir. Kita bisa melihat penemuan2 saat ini yang dulu dinggap mustahil oleh orang pada masanya, akan tetapi manusia dapat membuktikan jika hal itu mungkin dilakukan dan bukan mustahil lagi. Apa yg kita lihat sebgai hal yang mustahil saat ini pun mungkin suatu saat nanti akan menjadi hal yang bisa saja.  Jika dahulu orang2 berfikir bagaimana seorang manusia bisa ada di dalama kotak bernama televisi, sekarang kita berfikir bagaimana air bisa dijadikan bahan bakar kendaraan. Keduanya terlihat mustahil kan, tapi jika melihat perkembangan zaman dan teknologi, semakin lama impian tersebut semakin mendekati kenyataan.

Kata pak Apiq, ketika kita menemukan masalah, 50% nya adalah solusinya (problem=50% solution). kenapa bisa gitu? awalnya saya juga ga ngerti, tapi setelah dilihat lagi, klo kita ga ktemu masalah, maka kita ga akan bisa berkembang. Dengan adanya masalah, kita akan menemukan apa yang kurang dari diri kita dan akan berusaha untuk memecahkannya. Proses pemecahannya itu sendiri adalah sebuah kreativitas yang datang dari dalam diri dengan meminjam kekuatan Tuhan. Semua yang dilakukan oleh manusia tidak akan lepas dari kuasa Tuhan.

‘Kekuatan memaksa diri (dan lingkungan) adalah kualitas dasar bagi kita untuk menjadi kreatif dan inovatif. Seorang yang mampu disiplin menjaga diri, memaksa diri maka ia berpotensi untuk meraih sukses dengan kreatif dan inovatif.’

Itulah yang dikatakank disalah satu tulisan Pak Apiq. Kita bisa melihat bagaimana kekuatan/keteguhan hati bisa menciptakan suatu kreativitas. Dengan menjadi independen dan tidak mengikuti arus, kita bisa menciptakan sebuah hal baru yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Kekuatan itu sendiri akan muncul dari manusianya sendiri. Kekuatan yang dipinjamkan oleh Tuhan untuk memaksa kita menjadi kreatif.  Tanpa kemauan hati yang kuat, kenginan untuk menjadi kreatif tidak akan tercipta. Itu semua pun tidak akan lepas dari kuasa Tuhan untuk memberkan petunjuk dan kekuatan.

Tidak hanya kekuatan, pengalaman spiritual pun dapat mendatangkan sebuah kreativitas. Contohnya nih, seorang penyanyi bisa menciptakan lagu dari pengalaman spiritual yang didapatkannya, begitu juga dengan pelukis. Pengalaman spiritual ini akan terpatri di dalam diri, mungkin lebih tepatnya di alam bawah sadar yang membuat seorang manusia selalu mengingatnya secara tidak langsung dan membentuk sebuah prilaku. Perilaku ini yang mewujudkan sebuah kreativitas menjadi bentuk nyata yang bisa dinikmati oleh orang lain juga.

Secara tidak langsung Tuhan memiliki peranan yang sangat besar dalam proses kreatifitas manusia. Tanpa bantuanNya, manusia tidak akan bisa menemukan 50% sisa solusi dari masalah2 nya. Tidak akan ada peradaban dan kemakmuran, apalagi perkembangan teknologi.

Tuhan menciptakan setiap manusia dengan kreatifitasnya masing2, akan tetapi kadang manusia sudah membatasi diri mereka sendiri sehingga membentur tembok sebelum mencoba. Setiap cobaan yang diberikan oleh Tuhan akan membantu manusia untuk mengkatalis proses kreatifitas yang dimilikinya. Tantangan yang diberikan akan menaikkan flow yang terus membuat kita memiliki passion untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagai penutup,

‘Kita dapat menjadi hebat melampaui segala batas bukan karena kekuatan diri kita sendiri. Tetapi karena memperoleh kekuatan spiritual dari Tuhan. Kekuatan kreasi dan inovasi kita adalah tanpa batas karena kita memperoleh titipan kekuatan dari Tuhan.’ -Hebatnya Kreativitas dan Inovasi: Melampaui Segala Batas by mr.Apiq-

Teruslah bersyukur teman, karena Tuhan sudah memberikan anugrah yang terbaik kepada makhluknya 🙂

 

Advertisements

S.C.A.M.P.E.R

Apa sih SCAMPER itu?

SCAMPER itu salah satu cara mengembangkan kreativitas dengan langkah-langkah SCAMPER. Kalau otak kita udah mumet dan buntu buat ngembangin kreatifitas, SCAMPER ini bisa jadi alat bantu yang bagus banget.

Subtitute…Combine…Adapt…Modify…Put to other purpose…Eliminate…Rearrange

Tiap point-point tersebut punya pertanyaan-pertanyaan yang bisa menstimulasi kreativitas kita dalam mengembangkan suatu produk/jasa. Sekarang ayo   kita coba aplikasiin ke Prima Jasa. Prima Jasa adalah perusahaan angkutan massal berbasis di  jakarta dan sekitarnya, yang banyak bergerak di berbagai jenis angkutan. Mulai dari bis antar kota, travel, sampai angkutan pemadu moda (hayo itu apaan coba?).

Subtitute…

Nampaknya prima jasa perlu mengganti beberapa  bis yang saat ini sedang mereka gunakan. Dari hasil observasi langsung, beberapa bis jarak dekat yang beroperasi disekitar daerah jabodetabek memerlukan beberapa peningkatan. Peningkatan ini dapat meningkatkan pelayanan prima jasa kepada pelanggan mereka. Tidak hanya pelanggan angkutan moda bandara saja yang bisa merasakan nyamannya prima jasa, tapi pelanggan rute reguler pun bisa merasakan nyamannya prima jasa.

Combine…

Alangkah enaknya kalo prima jasa juga menawarkan makanan di dalam bis/travelny :D. Kan ga semua orang sempet makan dan kadang jadi orang super sibuk. Klo di prima jasa ada yang jual makanan berat, pasti akan membantu banget tuh. Coba bayangin kalo harus buru2 ke bandara dar bandung jam 2 pagi, mana ada toko makanan yang buka, mau makan d bandara juga ga akan sempet, dari pada cuma tidur doang mending skalian makan kan :9.

Adapt…

Semakin banyaknya mobilitas orang-orang antar bandung-jakarta, permintaan travel pun semakin banyak juga. Klo dilihat di bandung sendiri, prima jasa masih sulit di temukan, masih kalah ama pesaing yang emang basisnya dibandung. Untuk beradaptasi ama demand tersebut, prima jasa travel perlu ekspansi beberapa point to point. Kalo sekarang cuma ada di cihampelas, mungkin bisa disebar lagi ke bebagai penjuru bandung :D.

Modify…

Kalo dilihat dari pool yang d bsm, kan cuma di konsentrasikan untuk angkutan pemadu moda arah bandara, kalau digabung dengan travel biasa kira2 bisa ga ya? kan di daerah bandung timur kayanya belum ada deh prima jasa travel. Padahal di daerah bandung timur itu cukup padet juga penduduknya dengan demand yang lumayan banyak juga. Akses ke tolnya juga deket, bisa masuk dari pintu tol buah batu.

Put to other purpose…

Kan Prima Jasa ini dah punya banyak lini di bidang transportasi darat, nah gimana kalo mulai ekspansi ke transportasi udara? kan seru juga tuh, ga cuma ngejualin tiket pesawat maskapai lain, tapi bisa punya paket pemadu moda+tiket pesawat prima jasa, pasti ga ada yang ngalahin deh.

Eliminate…

Yang perlu dihilangkan adalah keterlambatan dan kurang ramahnya pelayanan. Saya rasa saat ini pelayanan yang diberikan masih kurang maksimal dan masih banyaknya berita kecelakaan yang terjadi dengan prima jasa. Faktor-faktor tersebut yang perlu dihilangkan agar pelayanan semakin mantap.

Rearrange…

Bisa ga ya prima jasa kerjasama ama maskapai2 yang ada di cengkareng untuk angkutan pemadu modanya? kan biasanya penumpang dtg sendiri ke counter ny prima jasa untuk pesen pemoda/travel yang paling cepet. Kalo penumpang bisa pesen angkutan pemadu moda/travel dari atas udara kayanya seru. Jadi tiap penerbangan akan melakukan pool terhadap kebutuhan penumpang akan prima jasa, bisa travel, taksi atu apa pun. Jadi ga ada lagi cerita lari2 biar dapet travel ke bandung, apalgi klo pas yang mendarat ada 5 flight, pasti penuh banget deh. 

Nah, yang barusan kan dari bidang jasa, selanjutnya dari bidang produksi. Kita akan coba dengan toyota. Ini adalah SCAMPER toyota yg dipakai buat presentasi kemarin, berhubung sy yg kbagian bikin, jadi skalian d post disini y 😀

Substitute

Toyota sudah mulai memproduksi mobil hybrid sejak tahun 2007 yang diberi nama Toyota prius. Mobil hybrid ini memadukan teknologi conventional internal combustion engine (ICE) propulsion system with an electric propulsion system. Selain ramah lingkungan, mobil ini juga hemat bahan bakar.

Kedepannya akan banyak di temui mobil hybrid yang menggunakan berbagai sumber energy ramah lingkungan. Jika kini Toyota hanya menggabungkan ICE dan EPS, kedepannya toyata bisa mengembangkan mobil berbahan bakar air. Mungkin sudah banyak terdengar mengenai prospek air sebagai bahan bakar, akan tetapi akan lebih baik jika Toyota dapat menjadi pioneer dalam produksi masal mobil berbahn bakar air. 100% air.

Combine

Saat ini belum ada produsen mobil yang menawarkan fasilitas entertainment yang terintegrasi. Banyak fasilitas seperti layar lcd, radio, cd player, gps, etc; dijual secara terpisah. Terlebih lagi content yang digunakan pun masih tergantung pada posisi geografis dimana mobil tersebut berada.

Dengan adanya fasilitas entertainment yang terintegrasi secara menyeluruh dan semakin cepatnya perkembangan teknologi internet, Toyota dapat membuat sendiri content dari fasilitas entertainment yang mereka sediakan. Video streaming, video call, koneksi intrnet, menonton film, streaming radio, etc akan menjadi suatu hal yang sangat menarik bagi pengguna mobil yang membuutuhkan hibuan ditengah kemacetan.

Adapt

Semakin mahalnya harga bahan bakar membuat Toyota berfikir bagaimana cara memproduksi mobil dengan bahan bakar irit akan tetapi tetap menjaga performanya. Berbagai jenis mesin telah dibuat oleh Toyota, mulai dari mesin berkapasitas 1600cc hingga lebih dari 3000cc.

Mobil Toyota yang saat ini beredar di Indonesia memiliki kapasitas minimum 1300cc sementara banyak produsen lain sudah mengeluarkan small city car dengan mesin 1000cc. Di bidang small city car inilah Toyota tidak dapat bersaing di Indonesia karena mereka tidak mengeluarkan produk 1000cc mereka padahal mereka memiliki kemampuan tersebut.

Dengan terjun di bidang small city car 1000cc, Toyota akan menjadi pemain yang tangguh dan dapat merebut hati para pemakai mobil untuk lebih memilih produk keluaran Toyota dibandingkan dengan produk dari produsen lain.

Modify

Saat ini Toyota sudah menggunakan teknologi bernama cruiser untuk membantu pengemudi menyetir di jalanan lurus tanpa hambatan tanpa harus terus menerus menginjak pedal gas. Teknologi ini cukup mambantu mengurangi kelelahan yang terjadi pada pengemudi.

Ke depannya akan lebih baik jika Toyota dapat memgembangkan system mobil tanpa pengemudi. Dengan menggabungkan teknologi gps, map, dan automatic driving; penumpang hanya perlu menentukan tujuan dan jalur yang akan di pergunakan, kurang lebih seperti system auto pilot di pesawat. Dengan adanya teknologi smart driving sepert ini, mengemudi menjadi jauh lebih midah bahkan bisa dibilang tidak aka nada lagi pengemudi, semua orang akan menjadi penumpang.

Put Other Purpose

Toyota yang memiliki range pasar yang sangat luas memiliki beberap brand yang di tujukan untuk pasar-pasar tertentu. Contohnya seperti brand lexus yanga khusus dikembangkan agar dapt bersaing di pasar mobil mewah.

Toyota dapat mengembangkan sebuah brand baru yang bergerak di pasar mobil murah. Hingga kini belum ada mobil keluaran Toyota yang dapat dijual di bawah harga 100 juta. Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat,  brand baru yang dapat menjual mobil dengan harga yang sangat kompetitif tapi tetap menjaga kualitas dan keamanannya akan sangat diminati.

Eliminate

Biaya dapat dikurangi dengan meminimalisasi fasilitas yang ada di dalam mobil, bukan berarti mengurangi keamanannya. Dengan menyederhanakan bentuk mobil dan interior yang ada didalamnya, biaya produksi dapat dikurangi dan kenyamanan mengemudi pun tetap terjaga. Mobil murah tidak harus  selalu menggunakan bahan kelas dua, hal tersebut bisa diakali dengan design yang compact, minimalis tetapi tetap elegan.

Rearrange

Mobil yang beredar saat ini rata-rata memiliki susunan kursi yang begitu-begitu saja. Tentu saja susunan kursi yang ada saat ini sudah cukup nyaman, akan tetapi terkadang kurang fleksible dan terasa sempit. Begitu juga dengan Toyota, susunan kursi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan produsen lain.

Jika konsumen dibebaskan untuk memilih susunan kursi sesuai keinginan mereka, ini akan jadi hal yang sangat menarik. Tidak hanya memilih wana cover jok nya, akan tetapi konsumen juga dapat mendesign sendiri susunan kursi sesuai selera. Jika ada yang menginginkan kabin luas tapi hanya perlu dua buah kursi atau ingin mengganti semua kursi belakang dengan sofa akan dapat terpenuhi dengan fasilitas smart seating ini.

 

 



The Most Innovative Thing in My Life

The Most Innovative Thing in My Life

Hingga saat ini dan yang paling terbaru dan dirasakan adalah BBM (black berry messenger) bukan bahan bakar minyak! HAHA

BBM walau pun mahal, secara keseluruhan amat sangat menghemat pulsa saya.

Klo dulu bisa mahal, sekarang bisa berkurang 30% lah 😀 apalagi sekarang banyak banget paket BIS (Black Berry Internet Service) yang murah, jadi bisa pake sesuai kebutuhan, ga perlu yang full service terus.

Dulu sebelum saya aktifin BIS nya, saya ga tau enaknya dan mudahnya pake BB. Pokoknya dulu tuh ngeaktifin BIS adalah dosa besar karena membuang pulsa untuk hal yang ga penting-penting amat. Akan tetapi, setelah saya aktifkan dlam keadaan terpaksa….. Dunia serasa berubah……….

Karena kebanyakan temen saya pada pake BB, semua informasi ada di situ dan ga perlu lagi buang-buang uang buat sms ato ngobrol karena ada BBM ato Y!messenger yang nyala setiap saat. ini lah yang membuat penggunaan pulsa jadi lebih hemat karena sebelumnya saya banyak banget sms ke orang-orang.

akan tetapi seiring berjalannya waktu, pengguna BIS yang makin banyak bikin koneksi makin ga karuan. Apalagi kalo pas hujan, di kampus, dan di tengah keramaian, bisa-bisa yang di kirim barusan nyampenya besok. Sedih deh kalo udah kaya gitu. soalnya kan saya udah bayar mahal-mahal buat BIS nya (ampe sekarang pun BIS itu masih terlalu mahal buat saya). Untungny yang saya pake masih tergolong jarang ngadat dibandingin provider laen :D.

Semoga kedepannya akan ada innovasi lainnya yang lebih memudahkan hidup, terutama hidup saya 🙂

Open Innovation and Open Business Model

Nah lho! ada yang tau ga itu apa? Apaan tuh Open Innvation? Open business model tuh yang gimana? Apa bedanya ama bisnis yang biasanya? etc. etc. etc.

Itulah yang terlintas di otak saya waktu mendengar tema tugas kali ini…… Walau pun Pak Apiq kemarin sudah menjelaskan cukup jelas di depan kelas, akan tetapi saya masih belum mengerti karena saya duduk di belakang kelas (maaf ya pak 🙂 ).

Dari pada bingung-bingung sendiri mencari slide kemarin yang entah siapa yang punya, saya coba cari ja deh di google. Ternyata hasilnya banyak sekali dan penerapannya pun banyak. Sayangnya saya belum menemukan sumber yang berbahasa Indonesia. Semoga intepretasi saya bener deh…

Kita mulai dari Open Innovation dulu deh……..

Dari selintas pandang yang saya baca di Wikipedia, Open Innovation itu pemanfaatan dari gabungan antara ide-ide yang datang dari internal suatu organisasi dan ide-ide dari luar sehingga menghasilkan result yang lebih optimal dan cepat.

Kalau kata Henry Chesbrough di bukunya, ” Open Innovation; The New Imperative for Creating and Profiting from Technology” .

Kalau jaman dulu, perusahaan cenderung menerapkan sistem Closed Innovation dengan membangun tim research and development mereka sendiri. Mereka mengontrol dan melakukan prosses inovasi di dalam perusahaan dan kurang melibatkan pihak lain di luar perusahaan. Kalau diilustrasikan jadinya seperti gambar di bawah ini:

Closed Innovation Ilustration


Semua pasti tau P&G kan, dari slide yang saya baca, P&G pada awalnya adalah perusahaan yang sangat menerapkan sisitem closed innovation. Seiring dengan berjalannya waktu, karena kurangnya innovasi pada produk baru, harga saham P&G merosot turun hingga batas yang mengkhawatirkan.  Setela menyadari penyebab turunnya harga saham tersebut (karena kurangnya innovasi), mereka mengubah system mereka menjadi open innovation. Mereka menyerap ide-ide yang datang dari luar P&G dan mengembangkannya secara bersama-sama sehingga mempercepat proses inovasi tersebut. Perubahan sisitem ini berhasil memebuat harga saham P&G kembali seperti semula bahkan lebih baik lagi.

Di zaman sekarang dimana informasi bisa dengan mudahnya didapatkan dan banyak ide-ide baru bermunculan, system open innovation akan sangat cocok untuk digunakan. Menurut beberapa sumber, ada beberapa hal yang menyebabkan pergeseran tren dari closed innovation menjadi open innovation;

  • Bertambahnya trained workers yang dapat bekerja berpindah-pindah
  • Bertambahnya universitas yang melakukan riset-riset yang applicable
  • Mulai berkurangnya pengaruh US di seluruh dunia
  • Tumbuh pesatnya venture capital
  • Berkurangnya pasar oligopoly

Melalui Open Innovation, kita tidak hanya concern pada market yang kita miliki. Dengan bekerja sama dengan pihak-pihak lain, kita bisa mendapatan market baru bahkan menjelajahi market dari perusahaan  lain. Bentuk kerjasama tersebut dapat berupa Licensing, Spin Out, Divest, etc. Jika diilustrasikan akan seperti gambar dibawah ini:

Nah itu dia tadi tentang Open Innovation, sekarang mari kita pindah ke Open Business Innovation……….. JENG JENG JENG……

*nyari dan baca baca bahan dulu….. LOADING…………………….

Menurut slide yang saya dapat dari kuliahnya Pak Apiq, Open Business Innovation itu adalah suatu cara bagaimana memanfaatkan kelemahan menjadi sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan bagi diri kita.

Masih bingung kan…… ini nih contohnya;

Ryan Air adalah perusahaan low-fare airlines yang beroperasi di daerah Ingris dan eropa utara. Jika kita lihat Business Model pada perusahaan penerbangan pada umumnya, kita akan melihat banyak sekali cost yang harus dikeluarkan jika ingin mendarat di suatu bandara. Sedangkan pemasukan yang didapat hanya berasal dari Penumpang. Nah, Ryan Airline ini berhasil membalik hal tersebut dan membuat bandara membayar pada mereka. Gimana caranya?!

Ryan Air hanya singgah di regional airport di kota-kota kecil dan tidak membayar landing fees karena mereka dianggap membawa wisatawan ke kota tersebut. Dengan memastikan bahwa mereka memiliki penumpang yang memang bertujuan untuk mengunjungi kota tersebut, bandara yang bersangkutan akan membayar sejumlah fee kepada Ryan Air. Selain itu Ryan Air juga mendapat fee dari transaksi yang ada seperti toko, restaurant, penyewaan mobil, dan hotel.

Dari gambar diatas kita bisa melihat bagaimana Ryan Air dapat membalik sebuah bisnis model dan membuat mereka mendapatkan revenue dari pihak-pihak yang seharusnya merupakan cost bagi mereka.

Dengan ide-ide baru seperti itu, banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan dan mendatangkan profit bagi kita juga :D. Open Business Innovation ini merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengembangkan Open Innovation. Dengan semakin banyaknya penerapan Open Innovation, kesempatan untuk mengebangkan ide-ide tersebut pun semakin mudah.  Selamat mencoba! 😀

References: wikipedia.com, slide dari pak apiq, google, etc.

Perusahaan Paling Kreativ!

Tugas ini sebenarnya sudah lama terbengkalai karena saya tidak dapat ide untuk mengerjakan tugas ini. Sekarang, karena UTS sudah di depan mata dan tugas terus bertambah, saya akan mengerjakan tugas ini :).

Inspirasi datanglah…………….

JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG

…………………………………………………………………………………………………………

Sampoerna

Adalah perusahaan yang paling kreatif menurut saya. Kenapa? Ada deh! 😛

Orang Indonesia mana yang tidak kenal Sampoerna? apalagi yang merokok. Perusahaan rokok asal surabaya ini memiliki beberapa merk terkenal yang pasti ga asing ditelinga kamu semua.

Dji Sam Soe yang merupakan merk unggulan bagi para pecinta rokok kelas berat. Banyak yang bilang rasa ‘berat’ dari merk ini tidak ada tandingannya di dunia. Bahkan banyak orang Indonesia yang sudah lama tinggal di luar negeri pun masih kangen dengan cita rasa merk ini. Merk yang sudah bertahan selama puluhan tahun ini tidak pernah mengganti packagingnya, akan tetapi masih dapat bertahan hingga saat ini dengan berbagai cara baru untuk memperkenalkannya kembali.

Siapa sih yang ga tau A Mild? rokok ringan yang jadi bawaan wajib tiap anak muda Indonesia. Iklannya jaman dahulu yang terkenal dengan “Bukan Basa-Basi” hingga saat ini yang menjadi “Go Ahead” selalu bertebaran dimana-mana. Packagingnya yang unik dan selalu segar kadang menjadi barang koleksi buat yang menyukainya.  Merk yang menjadi top of mind tiap orang di Indonesia ini tetap berhasil mempertahankan posisi puncak di kelasnya, padahal saingannya berjubel.

Sampoerna Hijau: Asiknya rame-Rame”. Siapa coba yang ga tau tag line produk ini? apalagi kalau kita lihat iklan tv nya! kocak banget kan. Iklan billboardnya pun ga kalah menarik.

Iklan-iklan yang dimiliki oleh produsen rokok khususnya Samporena selalu kreatif, out of the box, dan menggugah akal pikiran kita. Menurut saya sih ga gampang untuk bikin iklan seperti itu. Kan iklan rokok ga boleh langsung to the point, yang mereka jual pasti lifestyle dari merk rokok tersebut. Karena tiap merk pun beda-beda imagenya, pastinya proses kreatif untuk memunculkan konsep iklan tersebut juga beda. Makin kreatif kan!

Sampoerna ini sudah berhasil bertahan selama 4 generasi! Dimulai dari produksi rumahan dan dijajakan secara perorangan, hingga kini punya pabrik dimana-mana dan ga cuma berkutat di bidang rokok. Mereka juga punya jalur distribusi sendiri dan berusaha sedekat mungkin untuk berinteraksi langsung dengan retailer dan konsumen. Sampoerna juga memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Walau pun saat ini sebagian besar rokok sudah di produksi menggunaka mesin, Sampoerna masih memproduksi rokok kretek kebanggaan mereka dengan tangan. langsung dibuat dari tangan-tangan terampil para pelinting rokok di pabrik-pabrik Sampoerna.

Selama 4 generasi tersebut banyak inovasi yang dibuat oleh si empunya Sampoerna. Klo ga kreatif, gimana caranya bertahan selama 4 generasi dengan saingan yang ga kalah ganasnya.

Walau pun sekarang Sampoerna sudah dijual ke pihak lain, kegiatan kemanusiaan mereka masih dapat terlihat di Indonesia. Dengan kreatifnya mereka membangun House of Sampoerna di Surabaya yang isinya tentang sejarah Sampoerna, akan tetapi ga cuma itu ja, mereka juga punya tur singkat sehari untuk keliling peninggalan herritage kota Surabaya. Mereka ga cuma peduli dengan sejarah mereka sendiri, mereka juga peduli dengan sejarah Indonesia dan berhasil mengepaknya dengan kreatifitas.

Mungkin bentuk kreatif dari Sampoerna yang saya tulis disini nampak tidak nyata dan terkesan implisit. Akan tetapi saya kagum dengan perusahaan ini dan proses kreatif mereka dalam memasarkan produk dan mempertahankan eksistensinya hingga 4 generasi!

Klo Sampoerna bisa sekreatif itu, kita pun pasti bisa! Seperti  tag line salah satu produk  mereka : “GA ADA LO GA RAME” 😀

Negara Paling Kreative/Creatip?

Kata bang WIKI, kreatif itu proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Sebenarnya ga begitu penting sih apa definisi ny.. yang penting adalah saya bisa mengerjakan tugas ini dengan gembira… HAHAHAHA!!!

Marilah kita masuk ke pembahasan yang sebenarnya.

Menurut saya, negara paling kreatif adalah…..

JENG JENG JENG…………………………

INDONESIA

Biasa ja ya jawabanny… tapi menurut saya Indonesia adalah negara yag paling kreatif. Mau tau kenapa? Mari kita tanya Galileo 😀

Yah…ternyata mbah galileo juga g tau kenapa… soalnya dia bukan orang Indonesia. Ya sudah lah ya, lagian inikan tugas saya, ga ada hubunganny ama beliau 😀

Indonesia itu kreatif, baik dalam hal-hal positif maupun negatif. Mau dibahas dari mana dulu nih? positif atau negatif nya dulu? Positif dulu ja kli y, orang Indonesia kan seneng denger hal-hal yang baik dulu 🙂

Secara otomatis, karena kaya akan suku budaya bahasa kesenian adat, dll., Indonesia amat sangat kreatif. Setiap tempat di Indonesia memiliki perbedaan budaya. Nah, perbedaan itu kan dihasilkan dari kreatifitas orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Kreatifitas yang dibangun sekian lama dan tetap dikembangkan hingga saat ini. Contohnya nih, hingga saat ini ada 2500 motif batik yang terdaftar dan masih banyak motif batik yang di kembangkan selain mempertahankan motif-motif lama yang melegenda 😀

Batik Indonesia

Ga cuma dari sisi budaya ja lho. Orang-orang Indonesia juga sangat kreatif dalam mengelola sumber daya alam Indonesia. Dimana pun tinggalnya, entah di gunung atau di pantai, orang Indonesia bisa manfaatin semua yang ada. Mlai dari bahan yang dikenal ampe bahan-bahan yang akhirnya diajak kenalan :).

Industri kreatif juga jadi andalan nya Indonesia. Sekarang ini ekonomi kreatif sedang gencar-gencarnya diomongin ma orang-orang. Coba ja search di google, saya ja kaget ngeliat banyak banget pembahasan ttg ekonomi kreatif. Mulai dari bisnis distro, makanan, seni, musik, film, game, dll. Banyak orang yang mulai terjun ke dunia ini dan dunia ini ga akan mati karena ga ada batasnya. Kreatifitas tidak punya batas dan limit! Pantesan ja SBM bikin mata kuliah Craetive Economy buat semester depan :D.

Nah, sekarang yang jeleknya nih. Orang indonesia juga ga kalah kreatif di bidang ini. Pembajakan adalah salah satu bentuk kreatifitas yang agak (atau memang?) ilegal. Saking mahalnya kaset/cd asli, para pembajak indonesia ini memutar otaknya agar bisa menyediakan hiburan dengan harga murah, dengan mengambil keuntungan super pula tentunya. Hasilnya? cd bajakan laris manis kaya gula dirubung semut deh (tp cd bajakan klo di jilat knp ga manis y?).

Klo kita liat, yang berenang di dunia perbajakan kan orang-orang menengah ke bawah, nah orang-orang menegah ke atas juga ga kalah kreatif lho. Pengusaha sekarang banyak yang dengan kreatifnya bisa mengakali pajak hingga bisa dapet diskon gede (pajak bisa diskon y?). Ada juga pejabat-pejabat yang mengakali aturan-aturan yang sudah ada dengan kreatifnya. Begitu ada sedikit celah, orang akan menjadi sangat kreatif untuk mengakalinya.

Sedih juga ngeliat potensi kreatif suatu negara dari sisi negatif nya. Tapi mau gimana juga, Indonesia tumpah darahku. Sejelek apapun, saya tetap orang Indonesia dan cinta dengan Indonesia 🙂

Jadi teringat lagunya KOES PLUS, ini juga salah satu bentuk kreativitas anak negeri lho;

Artist  : Koes Plus
Lagu : Kolam Susu
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

anam Nama naam aamn nmaa mana etc…

Nama aman mana aanm mnaa anam ……….

Ternyata banyak sekali kombinasi yang bisa dibuat dari sebuah kata! Kata itu bisa punya arti walau pun dia berdiri sendiri. Mungkin dia jadi lebih berarti kalau di gabungkan dengan kata lain karena saling melengkapi 🙂

Begitu juga dengan nama. Semua orang pasti punya nama, benda ato binatang aja punya, masa manusia ga sih? Walaupun banyak sekali orang yang memiliki nama yang sama, saya yakin pasti latar belakangnya beda-beda :D. Nama setiap orang juga punya arti yang berbeda walaupun mungkin sama bunyinya atau tulisannya. Menurut saya setiap nama menyimpan harapan dan kebaikan yang diberikan oleh sang pemberi nama. Begitu juga dengan nama saya! 😀

Nama saya, Anesti Firda Amalia.

Nama yang cukup aneh buat yang pertama kali mendengar. Kalau di cek di google, anda pasti menemukan kata “Chistos Anesti” yang aslinya dari bahasa yunani. Tapi sumpah nama saya aslinya bukan dari situ! Saya ja baru tahu itu setelah iseng-iseng search di google.

Kadang banyak juga orang yang salah denger jadi “Amnesti”. Helloww??? Saya bukan presiden yang punya hak ngasih amnesti ke orang-orang.  Tapi saya orangnya pemaaf kok :D. “Honestly” adalah kata lain yang suka ditebak oleh orang-orang, “Pasti dari kata ‘Honest‘ ya namany?”. Tapi maaf, saya bukan orang yang benar-benar jujur, tapi saya berusaha untuk tidak berbohong kok.

Kata lain yang paling juara orang salah denger adalah “Anestesi”. Wow! tiba-tiba saya merasa sebagai dokter ahli :P. Ibu saya memang seorang dokter umum, mungkin nama saya memang berasal dari kata itu. Mungkin harapannya biar saya bisa menghilangkan rasa sakit orang lain (Amin).

Sebenernya saya juga bingung dengan arti dari “Anesti“. Waktu saya tanya orang tua saya, semua kata-kata yang saya sebutin diatas itu bener semua, semuanya dijawab iya (bingung g lo?!). Jadi saya simpulkan kalau nama depan saya berarti orang yang jujur dan pemaaf serta dapat membantu meringankan beban/rasa sakit orang lain (Amin) :).

Nama tengah saya cukup umum dipakai oleh orang-orang. “Firda” berasal dari bahasa arab yang artinya surga. Orang tua saya berharap saya bisa menjadi anak yang baik dan kelak masuk surga, Amin. Masalahnya ayah saya sering sekali salah menulis kata “Firda” ini, Ayah saya selalu menulis “FirdHa” pake “H“, padahal di akte kelahiranya ga pake (-_-“).

Kata yang terakhir adalah “Amalia“, berasal dari bahasa arab juga, artinya amalan. Kata ini juga sering dipakai orang-orang sebagai nama mereka, entah nama depan, tengah, atau belakang. Melalui amalan-amalan yang baik, saya bisa mengabdikan diri kepada orang tua dan masuk surga (mungkin itu harapan orang tua saya). 😀

Saya berharap, apa yang telah saya lakukan dari dulu hingga apa yang sekarang saya lakukan merupakan gambaran dari harapan dan doa yang tergambar melalui nama yang diberikan oleh orang tua saya.

Setiap orang punya nama mereka dan harapan serta doa yang menyertai mereka. Nama setiap orang pasti memiliki arti yang baik, akan tetapi pilihan untuk menjadi baik atau tidak adalah pilihan dari individu itu sendiri. Pastikan perbuatan kamu mencerminkan nama kamu :D.