S.C.A.M.P.E.R

Apa sih SCAMPER itu?

SCAMPER itu salah satu cara mengembangkan kreativitas dengan langkah-langkah SCAMPER. Kalau otak kita udah mumet dan buntu buat ngembangin kreatifitas, SCAMPER ini bisa jadi alat bantu yang bagus banget.

Subtitute…Combine…Adapt…Modify…Put to other purpose…Eliminate…Rearrange

Tiap point-point tersebut punya pertanyaan-pertanyaan yang bisa menstimulasi kreativitas kita dalam mengembangkan suatu produk/jasa. Sekarang ayo   kita coba aplikasiin ke Prima Jasa. Prima Jasa adalah perusahaan angkutan massal berbasis di  jakarta dan sekitarnya, yang banyak bergerak di berbagai jenis angkutan. Mulai dari bis antar kota, travel, sampai angkutan pemadu moda (hayo itu apaan coba?).

Subtitute…

Nampaknya prima jasa perlu mengganti beberapa  bis yang saat ini sedang mereka gunakan. Dari hasil observasi langsung, beberapa bis jarak dekat yang beroperasi disekitar daerah jabodetabek memerlukan beberapa peningkatan. Peningkatan ini dapat meningkatkan pelayanan prima jasa kepada pelanggan mereka. Tidak hanya pelanggan angkutan moda bandara saja yang bisa merasakan nyamannya prima jasa, tapi pelanggan rute reguler pun bisa merasakan nyamannya prima jasa.

Combine…

Alangkah enaknya kalo prima jasa juga menawarkan makanan di dalam bis/travelny :D. Kan ga semua orang sempet makan dan kadang jadi orang super sibuk. Klo di prima jasa ada yang jual makanan berat, pasti akan membantu banget tuh. Coba bayangin kalo harus buru2 ke bandara dar bandung jam 2 pagi, mana ada toko makanan yang buka, mau makan d bandara juga ga akan sempet, dari pada cuma tidur doang mending skalian makan kan :9.

Adapt…

Semakin banyaknya mobilitas orang-orang antar bandung-jakarta, permintaan travel pun semakin banyak juga. Klo dilihat di bandung sendiri, prima jasa masih sulit di temukan, masih kalah ama pesaing yang emang basisnya dibandung. Untuk beradaptasi ama demand tersebut, prima jasa travel perlu ekspansi beberapa point to point. Kalo sekarang cuma ada di cihampelas, mungkin bisa disebar lagi ke bebagai penjuru bandung :D.

Modify…

Kalo dilihat dari pool yang d bsm, kan cuma di konsentrasikan untuk angkutan pemadu moda arah bandara, kalau digabung dengan travel biasa kira2 bisa ga ya? kan di daerah bandung timur kayanya belum ada deh prima jasa travel. Padahal di daerah bandung timur itu cukup padet juga penduduknya dengan demand yang lumayan banyak juga. Akses ke tolnya juga deket, bisa masuk dari pintu tol buah batu.

Put to other purpose…

Kan Prima Jasa ini dah punya banyak lini di bidang transportasi darat, nah gimana kalo mulai ekspansi ke transportasi udara? kan seru juga tuh, ga cuma ngejualin tiket pesawat maskapai lain, tapi bisa punya paket pemadu moda+tiket pesawat prima jasa, pasti ga ada yang ngalahin deh.

Eliminate…

Yang perlu dihilangkan adalah keterlambatan dan kurang ramahnya pelayanan. Saya rasa saat ini pelayanan yang diberikan masih kurang maksimal dan masih banyaknya berita kecelakaan yang terjadi dengan prima jasa. Faktor-faktor tersebut yang perlu dihilangkan agar pelayanan semakin mantap.

Rearrange…

Bisa ga ya prima jasa kerjasama ama maskapai2 yang ada di cengkareng untuk angkutan pemadu modanya? kan biasanya penumpang dtg sendiri ke counter ny prima jasa untuk pesen pemoda/travel yang paling cepet. Kalo penumpang bisa pesen angkutan pemadu moda/travel dari atas udara kayanya seru. Jadi tiap penerbangan akan melakukan pool terhadap kebutuhan penumpang akan prima jasa, bisa travel, taksi atu apa pun. Jadi ga ada lagi cerita lari2 biar dapet travel ke bandung, apalgi klo pas yang mendarat ada 5 flight, pasti penuh banget deh. 

Nah, yang barusan kan dari bidang jasa, selanjutnya dari bidang produksi. Kita akan coba dengan toyota. Ini adalah SCAMPER toyota yg dipakai buat presentasi kemarin, berhubung sy yg kbagian bikin, jadi skalian d post disini y 😀

Substitute

Toyota sudah mulai memproduksi mobil hybrid sejak tahun 2007 yang diberi nama Toyota prius. Mobil hybrid ini memadukan teknologi conventional internal combustion engine (ICE) propulsion system with an electric propulsion system. Selain ramah lingkungan, mobil ini juga hemat bahan bakar.

Kedepannya akan banyak di temui mobil hybrid yang menggunakan berbagai sumber energy ramah lingkungan. Jika kini Toyota hanya menggabungkan ICE dan EPS, kedepannya toyata bisa mengembangkan mobil berbahan bakar air. Mungkin sudah banyak terdengar mengenai prospek air sebagai bahan bakar, akan tetapi akan lebih baik jika Toyota dapat menjadi pioneer dalam produksi masal mobil berbahn bakar air. 100% air.

Combine

Saat ini belum ada produsen mobil yang menawarkan fasilitas entertainment yang terintegrasi. Banyak fasilitas seperti layar lcd, radio, cd player, gps, etc; dijual secara terpisah. Terlebih lagi content yang digunakan pun masih tergantung pada posisi geografis dimana mobil tersebut berada.

Dengan adanya fasilitas entertainment yang terintegrasi secara menyeluruh dan semakin cepatnya perkembangan teknologi internet, Toyota dapat membuat sendiri content dari fasilitas entertainment yang mereka sediakan. Video streaming, video call, koneksi intrnet, menonton film, streaming radio, etc akan menjadi suatu hal yang sangat menarik bagi pengguna mobil yang membuutuhkan hibuan ditengah kemacetan.

Adapt

Semakin mahalnya harga bahan bakar membuat Toyota berfikir bagaimana cara memproduksi mobil dengan bahan bakar irit akan tetapi tetap menjaga performanya. Berbagai jenis mesin telah dibuat oleh Toyota, mulai dari mesin berkapasitas 1600cc hingga lebih dari 3000cc.

Mobil Toyota yang saat ini beredar di Indonesia memiliki kapasitas minimum 1300cc sementara banyak produsen lain sudah mengeluarkan small city car dengan mesin 1000cc. Di bidang small city car inilah Toyota tidak dapat bersaing di Indonesia karena mereka tidak mengeluarkan produk 1000cc mereka padahal mereka memiliki kemampuan tersebut.

Dengan terjun di bidang small city car 1000cc, Toyota akan menjadi pemain yang tangguh dan dapat merebut hati para pemakai mobil untuk lebih memilih produk keluaran Toyota dibandingkan dengan produk dari produsen lain.

Modify

Saat ini Toyota sudah menggunakan teknologi bernama cruiser untuk membantu pengemudi menyetir di jalanan lurus tanpa hambatan tanpa harus terus menerus menginjak pedal gas. Teknologi ini cukup mambantu mengurangi kelelahan yang terjadi pada pengemudi.

Ke depannya akan lebih baik jika Toyota dapat memgembangkan system mobil tanpa pengemudi. Dengan menggabungkan teknologi gps, map, dan automatic driving; penumpang hanya perlu menentukan tujuan dan jalur yang akan di pergunakan, kurang lebih seperti system auto pilot di pesawat. Dengan adanya teknologi smart driving sepert ini, mengemudi menjadi jauh lebih midah bahkan bisa dibilang tidak aka nada lagi pengemudi, semua orang akan menjadi penumpang.

Put Other Purpose

Toyota yang memiliki range pasar yang sangat luas memiliki beberap brand yang di tujukan untuk pasar-pasar tertentu. Contohnya seperti brand lexus yanga khusus dikembangkan agar dapt bersaing di pasar mobil mewah.

Toyota dapat mengembangkan sebuah brand baru yang bergerak di pasar mobil murah. Hingga kini belum ada mobil keluaran Toyota yang dapat dijual di bawah harga 100 juta. Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat,  brand baru yang dapat menjual mobil dengan harga yang sangat kompetitif tapi tetap menjaga kualitas dan keamanannya akan sangat diminati.

Eliminate

Biaya dapat dikurangi dengan meminimalisasi fasilitas yang ada di dalam mobil, bukan berarti mengurangi keamanannya. Dengan menyederhanakan bentuk mobil dan interior yang ada didalamnya, biaya produksi dapat dikurangi dan kenyamanan mengemudi pun tetap terjaga. Mobil murah tidak harus  selalu menggunakan bahan kelas dua, hal tersebut bisa diakali dengan design yang compact, minimalis tetapi tetap elegan.

Rearrange

Mobil yang beredar saat ini rata-rata memiliki susunan kursi yang begitu-begitu saja. Tentu saja susunan kursi yang ada saat ini sudah cukup nyaman, akan tetapi terkadang kurang fleksible dan terasa sempit. Begitu juga dengan Toyota, susunan kursi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan produsen lain.

Jika konsumen dibebaskan untuk memilih susunan kursi sesuai keinginan mereka, ini akan jadi hal yang sangat menarik. Tidak hanya memilih wana cover jok nya, akan tetapi konsumen juga dapat mendesign sendiri susunan kursi sesuai selera. Jika ada yang menginginkan kabin luas tapi hanya perlu dua buah kursi atau ingin mengganti semua kursi belakang dengan sofa akan dapat terpenuhi dengan fasilitas smart seating ini.

 

 



Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: