Bisnis Model

Kata tante wiki, ‘Suatu model bisinis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai[1] – baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.’

Jadi si business model ini akan menggambarkan bgaimana suatu organisasi mengelola lingkungan dan stakeholdernya. masih belum kebayang kan kayak apa, kaya gni nih contohnya;

yang ini punyanya nintendo, pasti taulah nintendo itu apa :D.  Dari gambar bisnis model tersebut kita bisa lihat bisnis modelny nintendo wii. mulai dari pengembangan programnya sampai wii itu bisa dinikmati user/gamer.

Nah,

Sekarang mari kita coba bikin bisnis modelnya facebook. Semua pasti tahulah ya ama yang namanya facebook. situs jejaring sosial terpadat yang pernah ada. Bahkan filmnya pun dibuat beberapa waktu yang lalu.

Facebook banyak menawarkan berbagai fitur dan kemudahan. Untuk penggunanya, ada berbagai macam mini games yang bisa dimainkan, ada fasilitas chat yang interaktif denagn teman sesama pengguna facebook, ada iklan2 kecil yang ga mengganggu, ada juga daftar friends yang selalu terupdate dan user-friendly banget, orang gaptek pun bisa pake facebook 😀

Dibawah ini adalah salah satu bisnis model dari facebook yang saya coba buat. Mungkin masih kurang menyeluruh, tapi kayanya sebagian besar dah masuk deh. Bisnis model ini dibuat berdasarkan pengalaman selama menggunakan facebook dan juga menonton filnya + tanya2 orang tentang apa yang ada dibalik facebook. Kuranng lebih hasilnya seperti yang ada dibawah ini lah ya:

Dengan menggunakan pengembangan teknologi 2.0 web yang terus berkembang, interaksi pengguna dan web pun semakin meningkat. kalau dullu ga bisa ngapa2in, sekarang bisa main bareng2  berkat bantuan flash. Pengembangan web 2.0 ini tidak lepas dari berbagai pengembang software baik di dalam facebook itu sendiri mau pun 3rd party developer yang mengembangkan aplikasi2 khusu untuk facebook. Business partner yang menanamkan modalnya pun menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan web 2.0 itu sendiri.

Setelah dikembangkan dan terus berkembang, fasilitas yng saat ini ada di facebook menjadi sangat beragam. Mulai dari friends, chat, games, ampe iklan baris pun ada. penempatan layout pun menarik sehingga tidak membosankan dan sangat mudah digunakan. Seluruh pengembangan tersebut ditujukan untuk menaikkan terus jumlah pengguna facebook di seluruh dunia. Klo pengguna nya terus bertambah banyak, kemajuan teknologi pun akan terus terpacu untuk memenuhi demand yang ada.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: