Perusahaan Paling Kreativ!

Tugas ini sebenarnya sudah lama terbengkalai karena saya tidak dapat ide untuk mengerjakan tugas ini. Sekarang, karena UTS sudah di depan mata dan tugas terus bertambah, saya akan mengerjakan tugas ini :).

Inspirasi datanglah…………….

JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG JENG

…………………………………………………………………………………………………………

Sampoerna

Adalah perusahaan yang paling kreatif menurut saya. Kenapa? Ada deh! šŸ˜›

Orang Indonesia mana yang tidak kenal Sampoerna? apalagi yang merokok. Perusahaan rokok asal surabaya ini memiliki beberapa merk terkenal yang pasti ga asing ditelinga kamu semua.

Dji Sam Soe yang merupakan merk unggulan bagi para pecinta rokok kelas berat. Banyak yang bilang rasa ‘berat’ dari merk ini tidak ada tandingannya di dunia. Bahkan banyak orang Indonesia yang sudah lama tinggal di luar negeri pun masih kangen dengan cita rasa merk ini. Merk yang sudah bertahan selama puluhan tahun ini tidak pernah mengganti packagingnya, akan tetapi masih dapat bertahan hingga saat ini dengan berbagai cara baru untuk memperkenalkannya kembali.

Siapa sih yang ga tau A Mild? rokok ringan yang jadi bawaan wajib tiap anak muda Indonesia. Iklannya jaman dahulu yang terkenal dengan “Bukan Basa-Basi” hingga saat ini yang menjadi “Go Ahead” selalu bertebaran dimana-mana. Packagingnya yang unik dan selalu segar kadang menjadi barang koleksi buat yang menyukainya.Ā  Merk yang menjadi top of mind tiap orang di Indonesia ini tetap berhasil mempertahankan posisi puncak di kelasnya, padahal saingannya berjubel.

Sampoerna Hijau: Asiknya rame-Rame”. Siapa coba yang ga tau tag line produk ini? apalagi kalau kita lihat iklan tv nya! kocak banget kan. Iklan billboardnya pun ga kalah menarik.

Iklan-iklan yang dimiliki oleh produsen rokok khususnya Samporena selalu kreatif, out of the box, dan menggugah akal pikiran kita. Menurut saya sih ga gampang untuk bikin iklan seperti itu. Kan iklan rokok ga boleh langsung to the point, yang mereka jual pasti lifestyle dari merk rokok tersebut. Karena tiap merk pun beda-beda imagenya, pastinya proses kreatif untuk memunculkan konsep iklan tersebut juga beda. Makin kreatif kan!

Sampoerna ini sudah berhasil bertahan selama 4 generasi! Dimulai dari produksi rumahan dan dijajakan secara perorangan, hingga kini punya pabrik dimana-mana dan ga cuma berkutat di bidang rokok. Mereka juga punya jalur distribusi sendiri dan berusaha sedekat mungkin untuk berinteraksi langsung dengan retailer dan konsumen. Sampoerna juga memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Walau pun saat ini sebagian besar rokok sudah di produksi menggunaka mesin, Sampoerna masih memproduksi rokok kretek kebanggaan mereka dengan tangan. langsung dibuat dari tangan-tangan terampil para pelinting rokok di pabrik-pabrik Sampoerna.

Selama 4 generasi tersebut banyak inovasi yang dibuat oleh si empunya Sampoerna. Klo ga kreatif, gimana caranya bertahan selama 4 generasi dengan saingan yang ga kalah ganasnya.

Walau pun sekarang Sampoerna sudah dijual ke pihak lain, kegiatan kemanusiaan mereka masih dapat terlihat di Indonesia. Dengan kreatifnya mereka membangun House of Sampoerna di Surabaya yang isinya tentang sejarah Sampoerna, akan tetapi ga cuma itu ja, mereka juga punya tur singkat sehari untuk keliling peninggalan herritage kota Surabaya. Mereka ga cuma peduli dengan sejarah mereka sendiri, mereka juga peduli dengan sejarah Indonesia dan berhasil mengepaknya dengan kreatifitas.

Mungkin bentuk kreatif dari Sampoerna yang saya tulis disini nampak tidak nyata dan terkesan implisit. Akan tetapi saya kagum dengan perusahaan ini dan proses kreatif mereka dalam memasarkan produk dan mempertahankan eksistensinya hingga 4 generasi!

Klo Sampoerna bisa sekreatif itu, kita pun pasti bisa! SepertiĀ  tag line salah satu produkĀ  mereka : “GA ADA LO GA RAME” šŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: