Negara Paling Kreative/Creatip?

Kata bang WIKI, kreatif itu proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Sebenarnya ga begitu penting sih apa definisi ny.. yang penting adalah saya bisa mengerjakan tugas ini dengan gembira… HAHAHAHA!!!

Marilah kita masuk ke pembahasan yang sebenarnya.

Menurut saya, negara paling kreatif adalah…..

JENG JENG JENG…………………………

INDONESIA

Biasa ja ya jawabanny… tapi menurut saya Indonesia adalah negara yag paling kreatif. Mau tau kenapa? Mari kita tanya Galileo 😀

Yah…ternyata mbah galileo juga g tau kenapa… soalnya dia bukan orang Indonesia. Ya sudah lah ya, lagian inikan tugas saya, ga ada hubunganny ama beliau 😀

Indonesia itu kreatif, baik dalam hal-hal positif maupun negatif. Mau dibahas dari mana dulu nih? positif atau negatif nya dulu? Positif dulu ja kli y, orang Indonesia kan seneng denger hal-hal yang baik dulu 🙂

Secara otomatis, karena kaya akan suku budaya bahasa kesenian adat, dll., Indonesia amat sangat kreatif. Setiap tempat di Indonesia memiliki perbedaan budaya. Nah, perbedaan itu kan dihasilkan dari kreatifitas orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Kreatifitas yang dibangun sekian lama dan tetap dikembangkan hingga saat ini. Contohnya nih, hingga saat ini ada 2500 motif batik yang terdaftar dan masih banyak motif batik yang di kembangkan selain mempertahankan motif-motif lama yang melegenda 😀

Batik Indonesia

Ga cuma dari sisi budaya ja lho. Orang-orang Indonesia juga sangat kreatif dalam mengelola sumber daya alam Indonesia. Dimana pun tinggalnya, entah di gunung atau di pantai, orang Indonesia bisa manfaatin semua yang ada. Mlai dari bahan yang dikenal ampe bahan-bahan yang akhirnya diajak kenalan :).

Industri kreatif juga jadi andalan nya Indonesia. Sekarang ini ekonomi kreatif sedang gencar-gencarnya diomongin ma orang-orang. Coba ja search di google, saya ja kaget ngeliat banyak banget pembahasan ttg ekonomi kreatif. Mulai dari bisnis distro, makanan, seni, musik, film, game, dll. Banyak orang yang mulai terjun ke dunia ini dan dunia ini ga akan mati karena ga ada batasnya. Kreatifitas tidak punya batas dan limit! Pantesan ja SBM bikin mata kuliah Craetive Economy buat semester depan :D.

Nah, sekarang yang jeleknya nih. Orang indonesia juga ga kalah kreatif di bidang ini. Pembajakan adalah salah satu bentuk kreatifitas yang agak (atau memang?) ilegal. Saking mahalnya kaset/cd asli, para pembajak indonesia ini memutar otaknya agar bisa menyediakan hiburan dengan harga murah, dengan mengambil keuntungan super pula tentunya. Hasilnya? cd bajakan laris manis kaya gula dirubung semut deh (tp cd bajakan klo di jilat knp ga manis y?).

Klo kita liat, yang berenang di dunia perbajakan kan orang-orang menengah ke bawah, nah orang-orang menegah ke atas juga ga kalah kreatif lho. Pengusaha sekarang banyak yang dengan kreatifnya bisa mengakali pajak hingga bisa dapet diskon gede (pajak bisa diskon y?). Ada juga pejabat-pejabat yang mengakali aturan-aturan yang sudah ada dengan kreatifnya. Begitu ada sedikit celah, orang akan menjadi sangat kreatif untuk mengakalinya.

Sedih juga ngeliat potensi kreatif suatu negara dari sisi negatif nya. Tapi mau gimana juga, Indonesia tumpah darahku. Sejelek apapun, saya tetap orang Indonesia dan cinta dengan Indonesia 🙂

Jadi teringat lagunya KOES PLUS, ini juga salah satu bentuk kreativitas anak negeri lho;

Artist  : Koes Plus
Lagu : Kolam Susu
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: